SEJARAH SINGKAT UNIVERSITAS MOCH. SROEDJI JEMBER

Dalam rangka ikut berpartisipasi dalam pembangunan khususnya di bidang pendidikan, Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong ( MKGR ) Kabupataten Daerah Tingkat II Jember pada tahun 1981 mendorong berdirinya suatu yayasan pendidikan dengan dukungan Pemerintah Daerah Tingkat II Jem ber. Pada tanggal 6 April 1981 Yayasan Pendidikan MKGR Jember ( Akta Notaris Nomor 10 tahun 1981 ). Selanjutnya dengan semangat pengabdian yang tinggi Yayasan Pendidikan MKGR Jember mendirikan Perguruan Tinggi yang diberi nama Universitas Moch. Sroedji Jember, yang memiliki 7 fakultas yaitu : Fakultas Pertanian, Fakultas Hukum Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik dan Fakultas Kedokteran.

Untuk memantapkan gerak langkah Yayasan dalam menjawab tan tangan dan permasalahan yang ada, pada tanggal 1 Pebruari 1982 melalui rapat Pleno Yayasan, dilakukan perubahan Anggaran Dasar Yayasan dan Susunan Pengurus Yayasan . Maka sejak saat itu nama yayasan menjadi Yaya san Pendidikan Moch. Sroedji Jember, perubahan tersebut dikukuhkan dengan akte Notaris Nomor 6 tang gal 6 dan 7 Pebruari 1981 dengan pengesahan dari kantor Pengadilan negeri Jember Nomor 13/Y/1982 dan Nomor 14/Y/1983. Sesuai dengan ketentuan dalam Anggaran Dasar Yayasan pada tahun 1988 melaluli rapat pleno Yayasan dilakukan pemilihan pengurus Yayasan masa bakti 1988 – 1991. Penggatian Pengurus Yayasan tersebut dikukuhkan de ngan Akte Notaris Nomor 1 tanggal 5 Pebruari 1991 dan pada tahun 2002 sesuai hasil rapat Pleno Yayasan Pendidikan Moch. Sroedji Jember tanggal 12 Agustus 2002 dan 29 Agustus 2002 telah diadakan perubahan susunan Pengurus Yayasan Pendidikan Moch. Sroedji Jember masa bakti 2002 – 2007 adapun susunan Pengurus Yayasan Pendidikan Moch. Sroedji Jember masa bakti 2002 – 2007 tercantum pada halaman 17 pada buku ini. Pada tahun 1981- 1990 kantor Yayasan masih ditempatkan di rumah sewa dan tahun 1984 Yayasan telah memiliki kantor yang permanen di komplek Kampus Universitas Moch. Sroedji Jember yang beralamat di Jl. Sriwijaya 32 Telepon (0331) 335728 Faximil (0331) 333721 Jember. Guna meningkatkan kemampuan dalam pembinaan universitas, Yayasan telah memenuhi kebutuhan universitas baik personel ( tenaga Dosen dan Administrasi ) maupun peralatan yang digunakan untuk menunjang kegiatan proses belajar mengajar yang cukup memadai. Hubungan dengan Universitas dapat terbina dan terpelihara dengan baik sehingga dapat terwujud suatu hu bungan yang serasi . Pada saat ini Yayasan terus berusaha meningkatkan kemampuan untuk mengembangkan Universitas dengan tetap berpedoman kepada peraturan perundangan yang berlaku.

Pada tahun 1981 Universitas Moch.Sroedji Jember memiliki 7 Fakultas dengan 16 Jurusan , yakni :

  1. Fakultas  Pertanian,  Jurusan  Budi  daya  Pertanian  dan Jurusan Sosial Ekonomi  Pertanian ( 2 jurusan ).
  2. Fakultas Hukum, Jurusan Hukum Pidana, Hukum Perdata, Hukum Tata  Negara, Hukum Adat, Hukum Agraria ( 5 jurusan ).
  3. Fakultas Ilmu      Sosial      dan      Politik,  Jurusan  Ilmu Administerasi Negara Ilmu Administerasi Niaga, Kesejahteraan Sosial (3 jurusan)
  4. Fakultas    Keguruan    dan    Ilmu    Pendidikan,    Jurusan Pendidikan Luar Sekolah dan Bimbingan dan Penyuluhan ( 2 jurusan )
  5. Fakultas   Ekonomi, Jurusan Ekonomi Umum dan Ekonomi Perusahaan  ( 2 jurusan ).
  6. Fakultas Teknik, Jurusan Basah dan Kering ( 2 Jurusan )
  7. Fakultas   Kedokteran   Jurusan   Kedokteran   Umum   dan Kesehatan Masyarakat ( 2 jurusan )

Fakultas    Kedokteran    tidak    dapat    dipertahankan   lagi keberadaannya, karena tidak mampu memenuhi persyaratan untuk dapat memperoleh  status terdaftar, maka pada tahun 1983 Fakultas Kedokteran ditutup, sedang fakul tas yang lain dengan surat keputusan  Menteri     Pendidikan     dan     Kebudayaan  Republik Indonesia Nomor : 017/O/1983 tanggal 5 Januari 1983 seluruh fakultas telah memperoleh status terdaftar sampai dengan tingkat Sarjana Muda dan pada tahun 1986 dengan surat keputusan Menteri Pendidikan  dan Kebudayaan 0395/O/1986  tanggal 23 Mei  semua fakultas telah memperoleh status Terdaftar sampai dengan tingkat Sarjana S1.

Sejak  berdirinya  Universitas  Moch.  Sroedji  Jember  tahun 1981 sampai dengan tahun 2016 sudah mengalami 8 (tujuh) kali pergantian Pimpinan Universitas.

Adapun personil yang pernah menduduki jabatan Rektor adalah :

  1. Drs. Sruadji Soeryadi
  2. 2. dr. Soedomo Pradono
  3. Iskandar, SH
  4. Moch. Nurullah, SH ( Pjs )
  5. Moch. Nurullah, SH.
  6. Prof. Dr. Murdiyanto Purbangkoro, SE, SU.
  7. Prof. Dr. H. Simanhadi Widyaprakosa.
  8. Drs. Sandjaya, M.S
  9. H. Djoko Prawito, SH, MM, MBA
  10. Drs. Bhayangkara Warmadewa, MM

Pada   tahun   1982   telah   disusun   statuta   Universitas   dan diperbarui pada tahun 2005 dan 2013, sedangkan Rencana Induk Pengembangan (RIP)   tahun 1982-1990, dan tahun 2012-2025 sehingga   sejak   tahun   1982   telah   dilakukan   pengembangan diberbagai bidang, dibidang Manajemen telah ditata susunan organisasi   Universitas dan Fakultas dan disertai dengan penataan personelnya. Kemampuan anggaran untuk mendukung pengembangan tahun 1982—1990 masih sangat terbatas walaupun telah selalu meningkat dari tahun ke tahun. Oleh karena itu Rencana Induk Pengembangan  Universitas Moch, Sroedji Jember tahun 1982 – 1990 belum dapat sepenuhnya dilaksanakan dengan sebaik- baiknya yang disebabkan masalah krisis yang telah dialami pada tahun 1982 – 1984, akibat keterbatasan dana dan terjadinya ketidak serasian hubungan antara Yayasan dan Universitas mengakibatkan turunnya kepercayaan masyarakat kepada Universitas Moch, Sroedji Jember. Dengan berbagai usaha serta semangat juang dan pengabdian yang tinggi krisis yang terjadi dapat diatasi dan kepercayaan masyarakat berangsur-angsur  dapat   pulih   kembali. Pada   tahun 1985   Universitas Moch. Sroedji Jember dapat menghasilkan lulusan pada tingkat Sarjana Muda, dan baru tahun 1987 Universitas Moch. Sroedji meluluskan tingkat Sarjana S1, sehingga kepercayaan masyarakat semakin meningkat.

Dengan demikian antara tahun  1985-1990 dapat dilakukan penataan manajemen bidang akademik, fisik dan anggaran secara lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Menyadari bahwa peranan  anggaran  sangat  penting  dalam pengembangan,  maka telah dilakukan penggalian    dana yang bersumber dari non mahasiswa . Bantuan dana tersebut telah dimanfaatkan dengan baik dan  sangat  basar  manfaatnya  dalam  menyelamatkan  Universitas Moch. Sroedji Jember dalam masa krisis yang telah dialami. Pada masa   mendatang   bantuan   dana   dari   berbagai   pihak   masih diperlukan untuk memacu pengembangan.

Hubungan Universitas Moch, Sroedji Jember dengan Pemerintah Tingkat I Jawa Timur dan Daerah Tingkat II Jember telah dapat dijalin dengan baik. Hal tersebut diwujudkan dalam berbagai bentuk kerja sama antara lain : Pembinaan Masyarakat Desa . KKN, Penelitian  dan lain-lain. Hubungan yang telah dapat terjalin dengan baik tersebut tentunya akan terus dipelihara dan ditingkatkan. Sejak tahun 1985 seluruh fakultas telah melaksanakan sistem kredit Semester. Pelaksanaan Kegiatan Akademik telah berjalan dengan baik walaupun dirasakan masih banyak terdapat tantangan dan permasalahan yang harus dihadapi.

Pada  tahun  1981  sampai  dengan  tahun  1983  kantor     pusat Universitas masih menggunakan rumah sewa yang terletak dijalan Bromo  nomor  89.  Pada  tahun 1982  Yayasan  menerima  bantuan tanah  untuk kampus dari OP Pemerintah  Daerah Tingkat II Jember seluas 4,5 ha. Tetapi yang berhasil memperoleh sertifikat tanah dengan status hak guna bangunan hanya seluas 1.593 ha.

Sejak  tahun  1982  sesuai  dengan  kemampuan  anggaran telah dimulai pembangunan kampus, secara bertahap Kantor Pusat Universitas yang terletak di jalan Sriwijaya No.32 Jember, Keluruhan Karangrejo,   Kecamatan   Sumbersari. Baru   pada   tahun   1985 Universitas telah memiliki kantor pusat dan ruang kuliah milik sendiri yang dilengkapi pula dengan Laboratorium Fakultas Teknik dan Fakultas Pertanian serta Perpustakaan, disamping itu berbagai peralatan   dan perlengkapan fisik secara bertahap juga telah dikembangkan, dengan dikembangkannya pengembangan fisik sejak tahun 1982 sampai tahun 1990, telah dapat diwujudkan suatu kelompok kampus Universitas dimana seluruh kegiatan akademik, tetapi masih diperlukan pengembangan dalam rangka meningkatkan status Akademik dari fakultas-fakultas di lingkungan Universitas Moch. Sroedji Jember.

Mulai tahun 1985 pengembangan Universitas Moch. Sroedji Jember lebih diarahkan dengan berpedoman kepada Peraturan Pemerintah Nomor 5 tahun 1980. Pengembangan Universitas akan terus  dilaksanakan  secara  bertahap  dibidang  Managemen, Akademik, Fisik dan Anggaran / Keuangan. untuk itu diperlukan Rencana Induk Pengembangan Universitas Moch. Sroedji Sroedji Jember 1991-1996, dalam rangka melaksanakan suatu pengembangan yang lebih    terarah dan berencana. Dengan keluarnya Surat Keputusan Mendikti Nomor 14/D/QO/1989 dan Peraturan Pemerintah Nomor 30 tahun 1990 yang diubah menjadi Peraturan Pemerintah Nomor 60   tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi maka Rencana Induk Pengembangan 1996-2001 juga berpedoman kepada peraturan Pemerintah.

Dalam  perkembangannya  semua  Program  Studi  di  Universitas Moch. Soedji   sampai tahun 2016 telah terakreditasi berdasarkan Keputusan  Badan  Akreditasi  Nasional  Perguruan  Tinggi Departemen Pendidikan Nasional sebagaimana tertera dalam daftar dibawah ini :

Selain status akreditasi masing-masing Program Studi  yang ada Universitas Moch. Sroedji Jember juga dikukuhkan dengan pemberian ijin operasional yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional sebagaimana tertera dalam daftar dibawah ini :

No Program Studi No./TGL  SK DIRJENDIKTI
1 Ilmu Hukum 2682/D/T/2008, tgl  11 Agust. 2008
2 Ilmu Adm. Negara 2681/D/T/2008, tgl. 11 Agust. 2008
3 Psik.Pend. & Bimbingan 4770/D/T/2008, tgl. 31 Des. 2008
4 Agronomi 1680/D/T/2008, tgl. 11 Agust. 2008
5 Manajemen 4471/D/T/2008, tgl. 19 Des. 2009
6 Ilmu        Ek.        &        ST. Pembangunan 1440/D/T/K-VII/2009,Tgl. 17-3-2009
7 Teknik Sipil 2679/D/T/2008, tgl. 11 Agust. 2008

Program  studi   yang   terakreditasi   dalam   melaksanakan proses    belajar    mengajar    meliputi    penerimaan mahasiswa perkuliahan , evaluasi belajar (ujian) dilaksanakan secara mandiri termasuk dalam penerbitkan ijazah (tidak perlu Ujian Negara ) yang kesemuanya itu dilaporkan ke Direktorat Jenderal  Pendidikan Tinggi

Departemen        Pendidikan     Nasional  dan  untuk  meningkatkan kegiatan  proses  belajar  mengajar  di  Universitas Moch.  Sroedji Jember   menyediakan   sarana   prasarana   pendidikan   terutama laboratorium yang terdiri dari :

  1. Laboratorium Fakultas Pertanian :

–  Laboratorium Kimia

–  Laboratorium Fisika

–  Laboratorium Ilmu Tanah

–  Laboratorium Agronomi

–  Laboratorium Kultur Jaringan

–  Kebun Percobaan

  1. Laboratorium Fakultas Teknik :

–  Laboratorium Ilmu Ukur Tanah

–  Laboratorium Mekanika Tanah

–  Laboratorium Hidrolika Terbuka

–  Laboratorium Hidrolika Tertutup

–  Laboratorium Teknologi Beton

–  Laboratorium Jalan Raya

  1. Perpustakaan Universitas Moch. Sroedji Jember memiliki koleksi buku sebanyak 986  judul  buku  dengan  jumlah  17.786 eksplar.
  2. Prasarana pengembangan bakat dan prestasi

–  Ruang UKM

–  Ruang Senat Mahasiswa

–  Lapangan olah raga

–  Ruang pertemuan

–  Tempat Ibadah

  1. Laboratorium Komputer (LPK) dilengkapi dengan jaringan internet