JEMBER,Adanya keberadaan sampah di lingkungan Perumahan Bumi Mangli Permai, khususnya sampah organik dan anorganik perlu disikapi dengan pengelolaan sampah menggunakan metode sederhana, yaitu komposting. Pelatihan dalam kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan pengetahuan ibu-ibu PKK tentang pengelolaan sampah organik dan anorganik dengan metode komposting, (2) Memberdayakan ibu-ibu PKK dalam pengelolaan sampah organik dan anorganik dengan metode komposting.
Khalayak sasaran kegiatan PPS (Pelatihan Pengolahan Sampah) adalah ibu-ibu yang termasuk anggota PKK di Perumahan Bumi Mangli Permai Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Metode kegiatan PPS menggunakan metode ceramah dan demonstrasi. Langkah-langkah kegiatan PPS adalah ceramah untuk menjelaskan konsep lingkungan hidup, klasifikasi sampah, peran serta ibu-ibu PKK dalam pengelolaan lingkungan hidup, dan pengelolaan sampah organik dan anorganik dengan metode komposting, dilanjutkan diskusi, demonstrasi pengelolaan sampah organik dan anorganik dengan metode komposting Takakura (pembuatan komposter dan kompos), dan latihan membuat kompos Metode Takakura. Faktor pendukung kegiatan pengabdian adalah adanya dukungan dari pengurus PKK dan para anggota PKK serta antusiasme peserta pengabdian, sedangkan faktor penghambat kegiatan adalah keterbatasan waktu pelaksanaan pengabdian.
Kegiatan pengabdian secara keseluruhan dapat dikatakan baik dan berhasil, dilihat dari keberhasilan target jumlah peserta pelatihan (95%), ketercapaian tujuan pelatihan (80%), ketercapaian target materi yang telah direncanakan (80%), dan kemampuan peserta dalam penguasaan materi (70%). Kegiatan pelatihan pengelolaan sampah organik dan anorganik dengan metode komposting di lokasi pengabdian dapat meningkatkan pengetahuan ibu-ibu PKK Perumahan Bumi Mangli Permai, setidaknya dari tidak tahu menjadi tahu serta berhasil memberdayakan ibu-ibu PKK untuk mengolah sampah organik menjadi kompos dengan metode komposting Takakura.